Monday, September 7, 2020

>> Anda Susah Menghafal Sesuatu? Coba Trik Berikut Ini

Pernahkah Anda merasa, saat berguru dan lalu mendapat wawasan baru, ilmu yang sudah dipelajari terlupakan. Atau Anda susah menghafal dan mudah lupa. Yang sanggup ditangani umumnya yakni mengulang bahan tersebut berkali-kali.

Tapi bukti ilmiah menyediakan hal menarik. Sebuah studi menemukan, apa yang kita kerjakan secara fisik juga ternyata memainkan tugas penting dalam proses belajar.  Percobaan ini ditangani saat tikus berlari untuk mengerjakan roda setelah menerima keahlian baru. Mereka berguru jauh lebih baik ketimbang tikus yang cuma diam.

"Latihan sepertinya mengembangkan bikinan biokimia dalam badan dan otak yang berafiliasi dengan fungsi mental," ujar peneliti, menyerupai dikutip Nytimes, Sabtu (30/7/2016).

Percobaan juga ditangani terhadap manusia. Mereka lalu dikelompokkan menjadi orang yang diminta menghafal gambar lalu diminta melaksanakan latihan fisik. Setelah itu, mereka diminta menghafal lagi dan tidur. Kelompok kedua, cuma diminta menghafal terus-menerus dan tidur.

Esoknya, mereka yang latihan fisik empat jam setelah tes sanggup menyeleksi lokasi gambar dengan akurat. Aktivitas otak mereka pun berbeda. Peneliti melihat, ada contoh yang lebih konsisten dari acara saraf saat insan menghafal dan melaksanakan acara fisik.

"Ketika aktif, otak mereka mungkin sudah berfungsi lebih efisien. Tapi mengapa menangguhkan latihan selama empat jam lebih efektif ketimbang latihan pribadi masih dipertanyakan," kata peneliti.

Meski demikian, kata peneliti, memori jangka panjang tidak cuma dipengaruhi oleh apa yang terjadi saat Anda berguru hal-hal baru. Tetapi juga oleh proses yang terjadi pada jam-jam dan hari-hari selanjutnya untuk menstabilkan kerja otak Anda.
(referensi)

0 comments:

Post a Comment