Tuesday, September 15, 2020

>> Kiat Optimalkan Kinerja Memori Otak Dengan Tidur Siang Selama 45 Menit

Walau daftar kiprah yang mesti dituntaskan seolah tak kunjung habis, sempatkanlah tidur siang sejenak di sela-sela aktivitas. Tidur siang selama 45 menit ternyata bisa mengembangkan memori sebanyak lima kali lipat.

Sebuah observasi mendapatkan bahwa tidur singkat menolong kita menyimpan warta yang sudah dipelajari dan secara signifikan mengembangkan kesanggupan daya ingat. Bahkan tidur siang sanggup menolong pelajar di saat ujian.

Dalam observasi ini, para partisipan mempelajari 90 kata tunggal dan 120 kata tak berhubungan, menyerupai 'taksi susu'. Kemudian para partisipan menonton televisi dan sebagian dari mereka tidur. Ketika mereka diuji kembali, partisipan yang sudah tidur mengingat lebih banyak pasangan kata. Hasil studi ini pun sudah diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Learning and Memory.

Peneliti asal Saarland University Jerman, Axel Mecklinger, menjelaskan, selama tidur, semburan acara otak yang dimengerti selaku sleep spindle memainkan kiprah penting dalam memperkuat warta yang gres dipelajari. Tidur singkat selama 45 menit sampai 60 menit sanggup memproduksi lima kali kenaikan dalam penerimaan warta dari ingatan.

"Kemampuan kenangan para partisipan yang sebelumnya tidur singkat ternyata sama baiknya dengan di saat sebelum mereka tidur, secepatnya sehabis menyelesaikan tahap pembelajaran," kata Mecklinger.

Walau begitu, kesanggupan daya ingat tidak membaik pada kalangan tidur kepada tingkat yang diukur secepatnya sehabis fase belajar.

"Tidur singkat di kantor atau sekolah cukup untuk mengembangkan keberhasilan dalam proses belajar. Di mana pun orang-orang berada di dalam lingkungan belajar, kita mesti berpikir serius wacana imbas positif dari tidur," lanjut Mecklinger.
(sumber)

0 comments:

Post a Comment