Tuesday, October 27, 2020

>> Inilah Faedah Sehat Sarapan Pagi Sebelum Jam 9

Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Prof. DR. Ir. Hardinsyah, MS, menerangkan pentingnya sarapan sehat sebelum jam 9, utamanya pada anak.

Kata dia, gizi yang dikehendaki setiap orang berbeda-beda tergantung pada usia, jenis kelamin, ukuran badan dan aktifitasnya.

"Pemenuhan ditemukan dari mana saja menyerupai halnya yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dikehendaki oleh badan kita akan menolong menyanggupi keperluan gizi dan menampilkan energi untuk semangat berguru dan beraktifitas sepanjang hari," katanya.

Mengingat pentingnya hal itu, Energen pun terus menggalakkan kampanye Sarapan Sehat Sebelum Jam 9. Kali ini, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2016, mereka pun menjalankan kegiatan itu di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Hadir dalam program itu 1000 anak Taman Kanak-kanak dan SD. Kegiatan ini diisi dengan sarapan sehat bersama, pawai jalan sehat anak, banyak sekali kontes keahlian mewarnai, tari, dan edukasi permohonan untuk terus membiasakan sarapan sehat sebelum jam 9. Acara ini berhubungan dengan Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Sarapan sehat ialah hal yang sungguh penting bagi berkembang kembang anak. Pada dikala bangkit pagi, gula darah mengalami penurunan dan menghasilkan anak menjadi lemas serta tidak bergairah menjalankan aktivitas. Namun, kebiasaan sarapan sehat ini belum menjadi perhatian utama bagi orang renta di karenakan kekurangan waktu dan kurangnya wawasan tentang patokan sarapan sehat yang ideal dan kapan seharusnya menjalankan sarapan.

"Kebutuhan gizi tersebut mesti dipenuhi minimal seperempat dari keperluan harian badan pada dikala sarapan, dengan kata lain takaran sarapan ideal yakni seperempat atau 25 persen dari keperluan asupan masakan sehari. Tidak cuma dilihat dari gizinya, tetapi sarapan sehat di waktu yang sempurna juga penting untuk diperhatikan. Idealnya sarapan sehat dijalankan sebelum jam 9 pagi. Tidak cuma berencana untuk menangkal lapar tetapi juga untuk pemenuhan gizi sebanding dikala sarapan diperlukan anak untuk belajar, bermain, berkreasi dan berolahraga. Maka dari itu, sarapan sehat yang bagus dijalankan pagi hari sebelum pukul 9," ujar Hardinsyah.

"Sarapan sehat mesti dibiasakan sejak dini untuk mempertahankan anak tetap bertenaga dan semangat berguru di pagi hari. Selain itu juga untuk mengembangkan kecerdasan otak anak. Dalam menyantap sarapan sehat ada patokan sarapan ideal. Sarapan ideal mesti menyanggupi seluruh keperluan gizi makro yakni karbohidrat, protein dan lemak dan air, serta gizi mikro menyerupai vitamin dan mineral yang memadai sekitar seperempat keperluan gizi harian anak biar sanggup menolong merealisasikan anak sehat berprestasi," imbaunya.

Dalam potensi yang serupa Dr. Eva Devita Harmoniati, Sp.A dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan, banyak penduduk yang masih menilai sarapan ialah hal yang tidak penting, padahal sarapan ialah hal yang sungguh penting. Apalagi untuk anakanak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

"Selain itu, teladan makan yakni masakan sehat dan mengandung zat gizi yang disantap secara terorganisir guna untuk menyanggupi keperluan badan yang sempurna pemberiannya sanggup mempengaruhi dan melancarkan pertumbuhan sekaligus pertumbuhan anak."

"Banyak aspek yang mempengaruhi pertumbungan dan pertumbuhan anak antara lain yakni nutrisi, kasih sayang, dan stimulasi. Nutrisi yang sempurna dan lengkap menjadi dasar bagi berkembang kembang yang optimal disamping itu Keterlibatan optimal orang renta dalam pengasuhan terbukti sanggup menolong anak berkembang dan meningkat dengan lebih baik serta stimulasi dari lingkungan sekitarnya menyerupai interaksi eksklusif dengan anak lain maupun penyediaan alat main ikut mempengaruhi proses berkembang kembang pada anak."

"Gizi ialah salah satu poin penting dalam berkembang kembang anak. Untuk menyanggupi keperluan energi dan zat gizi pada anak usia pertumbuhan maka 5 kali waktu makan yakni sarapan, makan siang, makan malam dan 2 kali makan selingan mesti dipenuhi, terang dr. Eva lebih lanjut.

Sementara itu, Sales & Marketing Director PT Mayora Indah, Goesnawan, menyampaikan, misi mulia Energen untuk menolong anak Indonesia biar lebih sehat sanggup diawali dengan asupan sarapan yang sehat. Dukungan di saat-saat Hari Anak Nasional ini selaku salah satu wujud kesungguhan Energen untuk terus mengkampanyekan Sarapan Sehat Sebelum Jam 9 yang ialah bab dari janji mereka.

"Dengan begitu, Energen akan terus optimis untuk mengedukasi pentingnya Sarapan Sehat Sebelum Jam 9 berkolaborasi dengan masyarakat, IDAI dan Pergizi Pangan, besar prospek biar misi tersebut sanggup terealisasi Disamping itu, dalam mengapresiasi penduduk yang sudah berkomitmen untuk terus membiasakan Sarapan Sehat Sebelum Jam 9, Energen akan terus berinovasi untuk menyanggupi keperluan nutrisi sarapan sehat. Kami memperkenalkan variant gres Energen Jagung. Nilai yang terkandung di dalam Energen yaitu, Everyday Nutritious start," kata dia.

"Seperti yang sudah disampaikan oleh Prof Hardinsyah, sarapan sehat itu mesti memiliki gizi yang lengkap, Energen hadir dengan kandungan lengkap tidak cuma mengandung Susu tetapi dilengkapi Telur, Sereal dan Sigmavit (vitamin dan mineral) yang melengkapi keperluan gizi untuk berkembang kembang anak Indonesia sehingga sanggup lebih sehat, senantiasa aktif dan bersemangat. Dengan kampanye ini, kami akan konsisten dan menujukkan kesungguhan Energen untuk terus mengedukasi penduduk dengan membiasakan Sarapan Sehat Sebelum jam 9 di lebih banyak kota yang lain di Indonesia," jelasnya.
(sumber)

0 comments:

Post a Comment