Sunday, October 25, 2020

>> Kiat Kondusif Biar Power Bank Tidak Cepat Rusak Atau Meledak

Sama dengan alat elektronik lain, power bank juga memiliki umur yang terbatas. Sebelumnya perlu dipahami kalau suatu power bank memiliki umur berupa jumlah pengisian daya. Kebanyakan power bank memiliki optimal 500 kali charge. Bukan memiliki arti sehabis 500 kali dicharger power bank itu akan mati, tapi kemampuannya untuk menyimpan energi listrik bakal turun. Bisa turun ke 80 persen atau lebih.

Tentu ada beberapa hal yang dapat dijalankan biar power bank bisa lebih awet. Atau paling tidak biar penurunan kapasitas penyimpanan si power bank tidak jauh ketika jumlah chargernya sudah habis.

1. Charge power bank dengan daya listrik yang sesuai.
Misalnya 5 volt/2 ampere (5V/2A). Pengisian daya di bawah itu dapat menghancurkan bateri dalam power bank, bahkan pada beberapa permasalahan meledak.

2. Charge power bank di suhu ruangan wajar (25 derajat Celcius).
Suhu panas bisa berpengaruh negatif bagi power bank, memperpendek umurnya.

3. Jangan buat power bank 'kerja keras'
Contohnya merupakan memakai power bank sambil mengisi dayanya atau memainkan aplikasi berat (misalnya game). Hal ini menghasilkan power bank mesti melakukan pekerjaan ekstra. Panas berlebih yang timbul ketika melakukan pekerjaan dua kali lipat ini sanggup menghancurkan baterai power bank.

4. Jaga power bank biar senantiasa kering.
Kondisi lembab sekalipun bisa berbahaya bagi power bank alasannya bisa timbul uap air yang mengakibatkan belahan dalam power bank berkarat.

5. Isi daya sesekali kalau usang tak dipakai
Apabila kau bertujuan untuk tidak memakai power bank dalam waktu usang (lebih dari satu bulan), ada baiknya untuk mengisi dayanya sesekali. Satu kali dalam sebulan cukup biar kapasitasnya tidak menyusut alasannya jarang dipakai.

6. Jangan isi ulang power bank terlalu lama
Kita niscaya sering membiarkan power bank dicharge semalaman, apalagi power bank yang memiliki kapasitas besar di atas 10.000mAh. Akan tapi cara ini lebih baik dihindari. Sebab mencharge semalaman meski si power bank sudah sarat bisa menyebabkan overheat dan kerusakan internal.

7. Jangan hingga terjatuh
Ini mungkin tantangan tebesar bagi pemilik power bank. Bagi banyak orang, power bank terjatuh sudah menjadi hal biasa. Namun jatuh dari ketinggian lebih dari satu meter kerap membuat kerusakan internal power bank. Tak salah kalau sekarang banyak silicon case beredar untuk melindungi power bank.
(sumber)

0 comments:

Post a Comment