Wednesday, November 18, 2020

>> Miliki Mata Sehat Dan Cegah Dari Kebutaan Dengan 10 Kiat Sehat Ini

Jika Anda tidak pernah punya problem penglihatan, mungkin Anda tidak akan memamerkan banyak perhatian kepada mata. Mungkin juga, Anda tidak menyadari adanya pergeseran yang terjadi pada mata seiring dengan bertambahnya usia.

Faktor usia memang tidak sanggup dicegah. Namun, kerusakan mata tidak hanya disebabkan oleh usia. Ada beberapa aspek lain menjadi penyebabnya. Untungnya, tindakan pencegahan yang sederhana menyerupai mengenakan kacamata hitam dan makan sayur sanggup menolong melindungi pandangan Anda.

Berikut yaitu daftar 10 fakta tentang mata yang mau menolong Anda melindungi jendela jiwa tersebut biar tetap sehat di tahun-tahun yang mau datang.

1. Apa yang Anda makan sungguh memengaruhi kesehatan mata Anda.
Makan dengan baik yaitu cara paling utama untuk merawat mata Anda, kata Rebecca Taylor, M.D., dokter mata di Nashville Vision Associates di Tennessee, dan juru bicara American Academy of Ophthalmology.

Dia juga menganjurkan sayuran berdaun hijau gelap menyerupai bayam atau kangkung dan sayuran berwarna cerah. Sayuran berdaun hijau memamerkan nutrisi lutein dan zeaxanthin, yang terbukti menolong menghemat risiko penyakit mata. Sementara vitamin A adapat didapatkan dalam sayuran kuning dan oranye terang menyerupai wortel dan ubi jalar. Tambahkan juga buah-buahan menyerupai stroberi, jeruk, dan mangga untuk kecukupan vitamin C dan antioksidan lainnya, yang memiliki faedah menolong melawan penyakit mata.

2. Pemeriksaan mata yang komprehensif.
Ini memiliki faedah untuk mengenali sejak permulaan jikalau ada problem penglihatan. Melakukan investigasi mata secara terstruktur yaitu satu-satunya cara untuk mengantisipasi aneka macam masalah, menyerupai glaukoma atau penyakit mata lantaran diabetes.

Kebanyakan orang dengan problem pandangan mesti menemui dokter mata mereka sekali setahun untuk menentukan pandangan mereka tidak berubah. Jadwal investigasi yang seharusnya dilakukan:

  • Usia 40 tahun: investigasi mata dasar
  • Usia 40- 55: investigasi mata setiap dua hingga empat tahun sekali
  • Usia 55-64: investigasi mata setiap satu hingga tiga tahun sekali
  • Usia 65 ke atas: investigasi mata setiap tahun

3. Merokok kini sanggup menyebabkan problem mata di kemudian hari.
Ketika Anda merokok, sianida dari asap masuk ke pedoman darah dan sanggup menghancurkan sel-sel mata. Merokok akan mengembangkan risiko katarak dan membuat mata kering. Juga memunculkan risiko degenerasi makula, kehancuran belahan tengah mata yang tak tersembuhkan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat.

4. Anda sanggup menolong melestarikan pandangan dengan melindungi mata dari sinar matahari.
Taylor menganjurkan dua sokongan untuk mata Anda: tabir surya dan kacamata hitam. Kulit di sekeliling mata yaitu kulit yang paling tipis dan rentan kepada radiasi ultraviolet (UV). Berbagai macam kanker kulit, menyerupai karsinoma dan melanoma, sanggup terbentuk di kelopak mata dan area di sekeliling mata. Ini sanggup menyebabkan kerusakan besar pada struktur mata.

5. Menatap komputer seharian sanggup menyebabkan mata kering.
Hal ini sebagian lantaran di saat kita memandang sesuatu terlalu dekat, mata kita tidak berkedip, jelas, Taylor. Salah satu tanda-tanda mata kering yang paling lazim yaitu mata berair, kata Steven Loomis, OD, dari Roxborough Park, Colorado, presiden American Optometric Association.

6. diabetes yaitu penyebab utama kebutaan di Amerika Serikat.
Cara terbaik untuk menyingkir dari diabetes retinopati yaitu untuk menangkal diabetes. Hampir semua pasien dengan diabetes tipe-1, jadinya mengalami keadaan ini. dan sekitar 60 persen bagi penderita diabetes tipe-2.

7. Setelah usia 60, degenerasi makula ialah penyebab utama kebutaan.
Degenerasi makula terjadi di saat jaringan mata berdegenerasi, menyebabkan pemglihatan kabur atau kehilangan pandangan di belahan tengah mata. Ada dua bentuk degenerasi makula: berair dan kering.

Jika kehilangan pandangan disebabkan oleh cairan di retina, keadaan ini sanggup diobati dengan suntikan pada mata. Degenerasi makula kering hingga dikala ini belum ada pengobatannya. Faktor risiko untuk degenerasi makula tergolong riwayat keluarga, merokok, kelemahan lutein dan zeaxanthin, dan terlampau banyak paparan sinar UV.

8. Katarak.
Katarak yaitu sesuatu yang relatif wajar seiring dengan proses penuaan dan lazimnya mulai timbul sekitar usia 60 tahun. Gejalanya yaitu pandangan kabur, pandangan kerap menjadi silau, tidak atau kurang sanggup menyaksikan terperinci pada malam hari, dan pandangan ganda. Minum obat tertentu menyerupai prednisone juga sanggup mengembangkan risiko katarak, kata Loomis. Pengobatan katarak, yang termasuk penggantian lensa mata yang rusak dengan yang baik, lazimnya sungguh efektif.

9. Kerusakan saraf optik mata menyebabkan glaukoma.
Ini yaitu gangguan pandangan yang sering tiba menyerupai tiba-tiba. Tanda pertama glaukoma yaitu di saat seseorang tidak sanggup lagi melihat.

Glaukoma bukanlah sesuatu yang sanggup dicegah atau diobati sendiri, dan satu-satunya cara untuk mendeteksinya yaitu lewat investigasi mata oleh dokter. Glaukoma terjadi di saat tekanan menumpuk di mata dan mulai menghancurkan saraf optik. keadaan berjalan sungguh lambat, sanggup beberapa tahun untuk membuat sarag mata rusak cukup parah.

Risiko terkena glaukoma lebih tinggi pada orang-orang yang memiliki riwayat keluarga glaukoma atau penderita diabetes. Bagi sebagian besar pasien, pengobatan dengan tetes mata sekali sehari biasa dijalankan untuk menghemat tekanan di dalam mata. Jika tetes mata gagal, operasi mungkin menjadi pilihan.

10. Mata Anda mengungkapkan banyak tentang kesehatan Anda.
Pepatah usang menyampaikan bahwa mata yaitu jendela jiwa dan mata juga sanggup bertindak selaku indikator kesehatan secara keseluruhan seseorang. Mata kering misalnya, sanggup menjadi indikator adanya keadaan rheumatoid arthritis, lupus, atau penyakit tiroid. Pasien yang memiliki persepsi kabur sanggup jadi memiliki diabetes atau tumor, atau stroke.

Orang dengan mata merah gatal mungkin saja menderita alergi kepada lensa kontak namun mereka tidak menyadari. Ada juga orang dengan gerakan mata tidak biasa yang yang baru-baru didiagnosis multiple sclerosis.
(sumber)

0 comments:

Post a Comment