Thursday, December 24, 2020

>> 10 Provinsi Dengan Jumlah Penduduk Miskin Paling Banyak Di Indonesia

Hampir separuh penduduk miskin Indonesia hidup di pulau Jawa. Data jumlah penduduk miskin yang dirilis Badan Pusat Statistik tidak cuma mengungkap ketimpangan demografi, tetapi juga perkara pengagguran yang berakar.


1. Jawa Timur
Dengan sekitar 4.775.000 kaum berpenghasian rendah, provinsi Jawa Timur berada di urutan teratas wilayah yang memiiki penduduk miskin terbanyak di Indonesia. Lebih dari 3,2 juta di antaranya berada di perdesaan. Sementara 1,5 juta tersebar di kota-kota besar. Batas penghasilan bulanan untuk suatu keluarga miskin di Jawa Timur berkisar di angka 318.000 Rupiah.

2. Jawa Tengah
Meski lebih dari 20 ribu penduduk terangkat dari garis kemiskinan sejak permulaan tahun, Jawa Tengah tetap memiliki jumlah penduduk miskin paling besar kedua di Indonesia, yaitu 4.505.780 juta. Batas pendapatan untuk klasifikasi miskin di provinsi ini berkisar 310 ribu Rupiah per bulan.

3. Jawa Barat
Tidak berlainan jauh dengan Jawa Tengah, Jawa Barat mencatat 4,48 juta penduduk miskin tahun 2016. Namun tidak seumpama provinsi lain di pulau Jawa, pada biasanya kaum miskin Jawa Barat hidup di perkotaan, jumlahnya meraih 2,7 juta penduduk. Untuk dikategorikan miskin, seseorang mesti berpenghasilan optimal 319 ribu per bulan.

4. Sumatera Utara
Data jumlah penduduk miskin yang dilansir Badan Pusat Statistik mengungkap ketimpangan demografi antara pulau Jawa dan pulau-pulau lain di Indonesia. Sumatera Utara yang berada di peringkat empat dalam daftar provinsi berpenduduk miskin terbanyak, mencatat 1,5 juta penduduk yang berpenghasilan optimal 352 ribu per bulan.

5. Sumatera Selatan
Sebagian besar kaum miskin di Sumatera Selatan hidup di wilayah perdesaan. BPS mencatat, terdapat sekitar 1,12 juta penduduk yang cuma berpenghasilan 380 ribu Rupiah per bulan.

6. Lampung
Sekitar 80% penduduk miskin Lampung yang berjumlah 1,1 juta hidup di wilayah perdesaan. Mereka dikategorikan miskin sebab cuma berpenghasian optimal 380 ribu per bulan. Bandingkan dengan Upah Minimum Regional sebesar 1,7 juta yang ditetapkan pemerintah provinsi.

7. Nusa Tenggara Timur
Sebanyak 1,16 juta penduduk di Nusa Tenggara Timur di sekarang ini digolongkan selaku kaum miskin. Mereka yang nyaris segalanya berada di perdesaan cuma berpenghasilan 290 ribu Rupiah per bulan. Masalah paling besar NTT yaitu angka pengangguran yang tinggi, sebagaimana lazimnya provinsi di timur Indonesia. UMR untuk NTT dipatok di kisaran 1,6 juta Rupiah/bulan.

8. Papua
Papua yaitu provinsi paling luas di Indonesia dengan jumlah penduduk tidak lebih banyak dibandingkan dengan Surabaya. Namun dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 898 ribu orang, nyaris sepertiga penduduk Papua hidup dengan pendapatan di bawah 390 ribu Rupiah per bulan. Padahal pemerintah provinsi sudah menentukan UMR sebesar 2,4 juta Rupiah

9. Sulawesi Selatan
Sebanyak lebih dari 864 ribu penduduk Sulawesi Selatan hidup di bawah garis kemiskinan, dengan upah bulanan yang tidak meraih 254 ribu Rupiah. Ironisnya wilayah di timur itu tercatat selaku salah satu provinsi dengan perkembangan ekonomi tertinggi di Indonesia.

10. Aceh
Aceh sering dianggap provinsi berprestasi rendah, kendati bermandikan Rupiah berupa dana otonomi khusus dan pendapatan orisinil wilayah yang nyaris meraih 2 trilun Rupiah, provinsi paling barat Indonesia ini masih mencatat 859 ribu penduduk miskin. Selain itu Aceh juga tercantum selaku provinsi ketujuh paling miskin di Indonesia model Badan Pusat Statistik.
(sumber)

0 comments:

Post a Comment