Monday, December 28, 2020

>> 7 Fakta Asing Tentang Otak Manusia

Anda merasa mengenal otak Anda dengan baik? Tahukah Anda neuron di otak Anda kanibal? Berikut fakta-fakta yang terjadi di dalam otak Anda.


1. Neuron di otak itu kanibal
Volume otak termasuk sekitar 2% badan manusia, namun menyantap nyaris 25% dari energi tubuh. Miliaran neuron di otak kita memerlukan pasokan energi secara konstan. Jika mereka tak diberi asupan energi maka neuron akan mengeluarkan zat yang menelan neuron sendiri. Ini terjadi kalau perut Anda amat ‘keroncongan‘.

2. Lingkaran tak berujung di dalam otak
Kadang, ada lagu yang terus terngiang di kepala. Pada dasarnya otak tidak senang fikiran yang belum simpulan dan memiliki dorongan konstan mengakhiri sesuatu. Untuk lepas dari itu, mulai nyanyi lagi dan tuntaskan lagunya. Jika memasukkan terlampau banyak kata atau lagu ke otak, justru maknanya akan hilang. Otak meminta Anda dinamis serta tidak terlalu terobsesi dengan satu hal.

3. Terlalu banyak tidur mempercepat penuaan otak
Terlalu banyak tidur sama buruknya dengan kurang tidur. Otak Anda menua lebih singkat apabila tidur terlalu banyak, alasannya merupakan ada lebih banyak acara dalam otak dikala tidur. Namun Anda juga tak boleh kurang tidur. Tidur ideal sekitar 8 jam setiap hari. Terlalu banyak tidur bikin otak gelisah menyerupai sedang ngelindur.

4. Otak Anda merangsang halusinasi
Berbagai fenomena menyediakan otak merangsang halusinasi serta sinestesia. Fenomena yang paling biasa merupakan halusinasi hypnagogia yang terjadi terjadi dalam jangka waktu singkat di saat kita tertidur tetapi tidak sungguh-sungguh lelap. Hypnagogia merupakan pintu gerbang ke mimpi yang seolah nyata. Sementara halusinasi hypnopompic terjadi di saat kita bangkit namun tidak sungguh-sungguh terjaga.

5. Yang Anda lihat dengan mata tidak nyata
Cahaya jatuh pada retina dalam dua dimensi, tetapi alasannya merupakan kita hidup dalam 3 dimensi, otak kita mesti menebak dan menggantinya menjadi bentuk tiga dimensi. Kaprikornus semua yang kita lihat merupakan cuma suatu gambar yang sanggup dilihat dan dibuat oleh otak kita sendiri.

6. Nyeri merupakan suatu mitos
Tidak ada reseptor rasa sakit di otak. Nyeri hanyalah proses komunikasi dimana otak melakukan pekerjaan efektif dan menjaga kita untuk hidup. Saat otak menyadari bahwa rasa sakit ini tidak mengancam kelancaran hidup, maka akan menghentikan pengantaran sinyal rasa sakit, bahkan apabila bekerjsama ada kerusakan tubuh. Otak bikin rasa sakit namun dengan pandai menjaga jarak dari sensasi itu.

7. Ketika takut, kehendak seks condong muncul
Ketika Anda takut, otak Anda melepas elemen dopamin yang bertanggung jawab pada rasa senang, tergolong memperabukan kehendak seksual. Jika kadar dopamin naik, meningkat pula kadar testosteron, hormon yang bertanggung jawab untuk keinginan seksual. Namun, dopamin juga dilepaskan di saat seseorang mengalami emosi ekstrim dan tantangan hebat.
(sumber)

0 comments:

Post a Comment