Friday, December 4, 2020

>> Banyak Orang Melakukan Kebiasaan Salah Ini Dalam Menggunakan Ac Ruangan

Dengan suhu panas berkepanjangan, kita acap kali menggunakan pendingin udara (AC) untuk menampilkan kenyamanan, namun kemudian terkejut menyaksikan tagihan listrik yang membumbung tinggi.

Menurut para pakar, ada beberapa kesalahan yang sudah kita lakukan tanpa sadar sehingga menurunkan daya guna, ketepatan penggunaan, dan bahkan sanggup mengorbankan keselamatan.

Dikutip dari Time pada Kamis (21/7/2016), Mark Mendell, ilmuwan di Indoor Environment Group, Lawrence Berkeley National Laboratory, mengatakan, “Kalau kita memiliki metode yang perawatannya asal-asalan, metode itu sanggup terkotori organisme mikro yang sanggup berbahaya kalau terhirup.”

Menurut Mendell, dilema asma dan alergi tergolong imbas yang mungkin timbul selaku akibatnya. Berikut ini merupakan delapan kesalahan lazim yang dijalankan orang terkait dengan AC di rumah dan proposal pembiasaan untuk menolong paru dan dompet kita:

1. Tidak Mengganti atau Membersihkan Filter AC
Setidak-tidaknya kita mesti mengubah filter di unit sentral AC satu kali dalam tiga bulan, atau sanggup sampai satu kali dalam sebulan kalau metode pendingin dipasang terus menerus.

Kalau ceroboh menjalankan ini, filter yang kotor sanggup mengusik fatwa udara atau bahkan membekukan kumparan evaporator, kata James Braun, profesor teknik dan seorang eksekutif Center for High Performance Buildings di Purdue University.

Filter yang dekil sanggup memajukan tagihan listrik pendinginan sebesar 5 sampai 15 persen sekaligus memperpendek usia pakai keseluruhan sistem. Untungnya, filter pengganti tidak terlampau mahal, biasanya kurang dari Rp 130 ribu.

Jika memiliki AC split, biasanya ada panel yang sanggup dibuka agar sanggup menyeka filter menggunakan lap tanpa mengubah filternya.

2. Tidak Melakukan Servis Tahunan
Menurut James Braun, ada beberapa video isyarat pencucian kumparan dan jeruji AC kita. Pembersihan ini penting untuk mempertahankan operasi biar sistemnya tetap tanpa hambatan dan efisien. Atau sanggup saja mengundang tukang untuk membersihkan AC sekali dalam setahun. Di AS, Departemen Energi menampilkan tips penelusuran jago pembersih AC.

3. Tidak Ada Termostat yang Diprogram
Ada beberapa orang yang senantiasa ingat mesti menyesuaikan termostat sebelum pergi meninggalkan rumah. Tapi pada lazimnya orang membutuhkan termostat yang sanggup diprogram agar sanggup meminimalkan tagihan listrik.

Termostat yang diprogram secara otomatis memaksimalkan suhu dikala kita sedang di daerah kerja atau luar rumah, kata Braun. Ia menyertakan kini ini ada termostat "cerdas" yang sanggup diprogram menggunakan telepon pintar.

4. Memasang Suhu Terlalu Rendah
Penelitian menandakan bahwa badan insan bergotong-royong sanggup dengan segera mengikuti kondisi dengan suhu panas atau dingin, biasanya dalam waktu satu sampai dua minggu.

Kita sanggup memangkas sekitar 3 persen dari jumlah tagihan listrik dari pemakaian AC untuk setiap kenaikan suhu sebesar 1 derajat Fahrenheit—setara dengan kenaikan suhu sebesar 0,56 derajat Celcius.

Ditambah lagi dengan potensi faedah lingkungan sebab penghematan penggunaan AC. Upayakan memasang sekitar 70-an derajat Fahrenheit (sekitar 22 derajat Celcius).

5. Kurang Memanfaatkan Kipas Angin
Kipas angin aneka macam jenis, utamanya yang terpasang di langit-langit, sanggup menolong mengedarkan udara yang sudah masbodoh ke seluruh rumah.

Bantuan kipas angin ini mengurangi beban pada metode AC, kata Braun. Pastikan kipas angin langit-langit berputar melawan arah putaran jarum jam pada isu terkini panas, sebab putaran demikian menampilkan fatwa udara yang lebih baik.

6. Penempatan Salah untuk Termostat dan Ventilasi
Jika cahaya matahari atau lampu menerpa termostat nyaris seharian, pembacaan suhu oleh termostat sanggup meleset sehingga memaksa AC mendinginkan ruang walau ruangnya sudah cukup dingin.

Apalagi jikalau kita sehari sarat berada di luar rumah sehingga kita tidak menyadari bahwa metode pendingin sudah bersusah payah sebab salah menaruh termostat, kata Braun.

7. Mendinginkan Ruang Kosong
Jika susukan hembusan AC terbuka di setiap ruang di rumah, kita malah mendinginkan belahan rumah yang tidak terpakai sehari-hari. Coba berkeliling dan tutuplah susukan hembusan yang membuka ke ruang-ruang tak terpakai. Tutuplah juga pintu-pintu lemari agar ruang lemari tidak menguras udara dinginnya.

8. Tidak Memanfaatkan Tirai atau Gorden
Sinar matahari yang benderang merupakan musuh utama metode AC kita. Dengan menutup tirai kita membatasi terpaan sinar matahari dan melindungi ruang kita dari panas sang surya, demikian dibilang para pakar.

0 comments:

Post a Comment