Thursday, December 10, 2020

>> Menstruasi Tidak Terencana ? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

Kecuali sedang hamil, periode haid seorang perempuan harusnya tiba setiap bulan dalam batas-batas 21-40 hari. Periode haid yang tidak terstruktur atau bahkan berhenti sama sekali, sebaiknya menghasilkan Anda berhati-hati dan bertanya-tanya. Ada beberapa aspek yang mungkin menjadi penyebabnya.

Dokter kebidanan dan kandungan Alyssa Dweck, M.D., penulis buku V is for Vagina, memaparkan kemungkinan argumentasi mengapa periode haid Anda rampung atau menjadi kacau-balau.


Kehilangan Berat Badan atau Latihan berlebihan
"Jika indeks massa tubuh Anda di bawah 18 atau 19, Anda mungkin akan kehilangan periode menstruasi."

Hilang atau tidak teraturnya periode menstruasi, tidak sepenuhnya bersandar pada indeks massa tubuh. Kondisi gangguan makan yang serius menyerupai anoreksia dan bulimia juga sanggup menyebabkan haid tidak terstruktur atau berhenti. Begitu juga olahraga berlebihan atau di luar kesanggupan Anda.

"Alam memiliki cara untuk melindungi Anda dari kemungkinan untuk hamil jikalau tubuh Anda berada di bawah tekanan yang ekstrim. Tubuh Anda akan menghambat terjadinya ovulasi dengan cara menurunkan bikinan estrogen sehingga lapisan rahim tidak menebal di dikala periode ovulasi. Hal inilah yang lalu menyebabkan Anda tidak mendapat menstruasi, "kata Dweck.

Stres
Sebuah insiden yang mengerikan dan menghasilkan Anda frustasi sanggup menyebabkan gangguan di hipotalamus. "Daerah ini yaitu daerah khusus di mana banyak hormon menstruasi Anda diatur," kata Dweck.

"Hipotalamus sungguh dipengaruhi oleh stres." Jadi, jikalau Anda sedang berhadapan dengan insiden besar, maut dalam keluarga, perpisahan atau momen kehidupan yang lain yang yang menghasilkan Anda tidak bahagia, dapat menjadi penyebab menstruasi Anda telat atau tidak tiba sama sekali.

Ketidakseimbangan Tiroid
Kelenjar tiroid, yang terletak di leher Anda, bertugas untuk menertibkan metabolisme. Tiroid juga berinteraksi dengan banyak tata cara lain di dalam tubuh Anda untuk mempertahankan segala sesuatunya berlangsung lancar.

"Jika Anda mengalami ketidakseimbangan tiroid, apakah itu hipo atau hipertiroidisme, ini sanggup memiliki pengaruh pada periode menstruasi dan dokter akan sanggup menolong Anda membereskannya," kata Dweck.

Gejala Ovarium Polikistik
PCOS yaitu ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan kurangnya ovulasi, sehingga kadar estrogen, progesteron dan testosteron menjadi tidak sebanding atau berubah.

"Para dokter kebidangan dan kandungan sudah banyak melihat hal ini, dengan derajat ketidakseimbangan yang berbeda-beda. Ovarium polikistik sanggup menyebabkan Anda tidak tiba bulan atau menstruasi tidak teratur," ujar Dweck.

Gejala PCOS lain di antaranya yaitu perkembangan rambut di tempat-tempat yang tidak masuk akal bagi perempuan menyerupai muka dan dada, kesusahan menurunkan berat badan, dan membuat kendala kesuburan. Dokter sanggup menolong Anda menangani keadaan ini.

Penyakit Kronis Seperti Celiac
Penyakit celiac mengacu pada keadaan intoleransi gluten. "Setiap gangguan kesehatan kronis yang tidak diobati atau tidak terdiagnosis yaitu stressor bagi tata cara kerja tubuh dan sanggup menyebabkan periode menstruasi terhambat.”

Untuk mengenali apakah Anda menderita intoleransi gluten, minta tolong terhadap dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Metode KB opsi Anda
Periode menstruasi tidak terstruktur atau tidak tiba sama sekali bisa jadi ialah imbas samping dari langkah-langkah yang Anda laksanakan untuk menyingkir dari kehamilan.

"Beberapa jenis pil KB porsi rendah bisa menyebabkan kurangnya menstruasi dan ini tidak berbahaya," kata Dweck.

Hal yang serupa berlaku untuk metode KB yang lain menyerupai IUD hormonal, implan, atau suntikan. Periode menstruasi akan kembali terstruktur begitu Anda sudah berhenti menggunakan alat KB yang menyebabkan gangguan periode haid.

Menopause dini
Ketika seorang perempuan yang berusia di bawah 40 mengalami penurunan kadar hormon kewanitaan secara signifikan, mereka sanggup mengalami menopause dini, yang juga dimengerti dengan istilah kegagalan ovarium prematur.

Seiring dengan berkuranganya kuantitas haid, gejala lain menopause dini yaitu hot flashes, berkeringat di waktu malam, dan vagina menjadi kering. Berkonsultasilah dengan dokter kebidanan dan kandungan jikalau menurut Anda, Anda mengalami menopause dini.
(sumber)

0 comments:

Post a Comment