Wednesday, December 2, 2020

>> Unjuk Kekuatan, India Kirim 100 Tank Ke Kawasan Perbatasan Dengan Cina

India dikabarkan mengantarkan setidakya 100 unit tank ke kawasan dataran tinggi yang memiliki batas dengan China. Kawasan pegunungan Ladakh, di wilayah utara India, terletak di antara dua tempat yang disengketakan yakni Tibet dan Kashmir.

Sebagai upaya untuk memperkuat kehadiran militernya di tempat itu, India mengerahkan ratusan tank T-72 produksi Rusia ke kawasan yang memiliki batas dengan China itu.

Tank T-72 milik AD India dalam suatu parade militer. Saat ini terdapat setidaknya 100 unit tank produksi Rusia ini di kawasan pegunungan Ladakh yang memiliki batas dengan China.

"Apa yang sudah kami laksanakan yakni memperbesar materi pemanis dan pelumas khusus animo digin biar tank-tank kami tak membeku di sana," kata Kolonel Vijay Dalal, salah seorang komandan resimen tank AD India, seumpama dikutip harian The Hindu.

Ini yakni resimen tank ketiga yang diantarkan AD India ke wilayah tersebut dan sekarang satu brigade tank sudah siap di dataran tinggi itu. Dua resimen tank sudah dikirim apalagi dulu ke wilayah yang serupa pada 2014 dan 2015. Ketiga resimen itu, nantinya akan diposisikan di wilayah timur Ladakh, di mana suhu animo cuek sanggup meraih -45 derajat Celcius.

Dan demi menentukan tank-tank produksi Rusia itu berfungsi wajar di ketinggian 14.000 kaki dan keadaan cuaca yang keras itu, mesin-mesin perang itu bangkah dioperasikan di malam hari.

"Sebuah wilayah datar di lembah sepanjang jajaran pegunungan ini memungkinkan pergerakan kendaraan lapis baja, disamping itu juga sudah terjadi kenaikan acara militer di seberang perbatasan," ujar seorang perwira militer yang tak disebutkan namanya terhadap stasiun televisi NDTV.

India mengantarkan ratusan tank melalui udara selama perang melawan China pada 1962 yang rampung dengan kekalahan India.

Namun, lalu tank-tank itu ditarik mundur sebab tak tahan dengan keadaan cuaca yang keras.
Sementara itu, Beijing terus mengembangkan infrastruktur dan kehadiran militernya di kawasan perbatasan tersebut selama bertahun-tahun terakhir sehingga menghasilkan New Delhi gelisah.
(sumber)

0 comments:

Post a Comment