Saturday, January 2, 2021

Tips Bersihkan Setir Mobil Agar Terbebas dari Kuman

Masa pandemi yang berlangsung sejak akhir tahun 2019 sangat menyadarkan kita tentang pentingnya menjaga kebersihan. Dulu di masa sebelum pandemi, banyak orang yang tidak begitu peduli pada kebersihan area sekitar, apalagi jika memang tidak terlihat kotor. Padahal, beberapa area yang sering disentuh biasanya mengandung banyak kuman dan bakteri. Salah satunya adalah setir mobil, baik mobil bekas maupun mobil baru.


Membersihkan area ini dari “kotoran” yang tak terlihat tidak cukup hanya dengan dibersihkan menggunakan lap basah saja. Namun jangan khawatir, Anda bisa kok membersihkannya dengan mudah yaitu:

Setir mobil berbahan dasar plastik atau vinyl

Jika setir mobil Anda menggunakan bahan vinyl atau lebih dikenal dengan bahan plastik, maka berikut adalah cara membersihkannya. Yuk, disimak!

1.       Siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan setir mobil. Mulai dari cairan pembersih setir, kain microfiber atau kain lap, sikat gigi, dan lainnya.

2.       Setelah itu, semprotkan cairan pembersih pada seluruh permukaan setir mobil. Jika tidak ada cairan pembersih, Anda bisa menggunakan sampo yang dicampur dengan air hangat.

3.       Diamkan selama beberapa menit kemudian gosok permukaan setir tersebut menggunakan kain lap berbahan lembut. Gosoklah secara perlahan hingga setir mobil terlihat bersih kembali.

4.       Apabila masih ada kotoran yang sulit untuk dibersihkan, semprotkan kembali cairan pembersih. Lalu, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya supaya kotoran yang menempel terangkat.

5.       Selanjutnya, keringkan setir menggunakan kain microfiber. Selesai!

Setir mobil berbahan dasar kulit

 Tidak jauh berbeda dengan berbahan dasar plastik, cara membersihkan setir berbahan dasar kulit pun sangat mudah, berikut caranya:

1.       Pertama, siapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan setir mobil seperti kain lap, kuas, cairan pembersih, sikat gigi, dan lainnya.

2.       Setelah itu, hilangkan terlebih dahulu debu-debu yang menempel pada bagian setir mobil menggunakan kain lap kering maupun kuas.

3.       Lalu, semprotkan cairan pembersih ke seluruh permukaan setir mobil secara merata dan biarkan sampai meresap ke seluruh bagiannya.

4.       Selanjutnya, gosok perlahan permukaan setir tersebut menggunakan sikat gigi, terutama pada bagian-bagian yang sulit dijangkau sampai bersih.

5.       Jika sudah selesai, lap dan keringkan permukaan setir menggunakan kain atau microfiber.

Khusus untuk bagian tengah setir mobil, terutama tombol-tombol fungsional, maka cara membersihkannya adalah menggunakan kain lap basah yang sudah diperas. Dan supaya permukaan setir mobil tetap lembap, berilah conditioner khusus untuk mobil pada bagian tersebut.

Ternyata, sangat mudah sekali ya membersihkan setir mobil! So, supaya setir mobil tersebut tidak mudah dihinggapi kuman bahkan bakteri sebaiknya rutinlah membersihkannya setiap hari.

Semoga artikel di atas bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

0 comments:

Post a Comment